RW 03 DALAM LOMBA CLEAN AND GREEN CITY ANTAR RW SE KOTA MALANG TAHUN 2011

Standar

Keikutsertaan RW 03 pada lomba Clean And Green City antar RW se Kota Malang tahun 2011 ini merupakan yang pertama kalinya dan hal itu atas penunjukan pihak kelurahan Sukun, bukan tanpa sebab apabila pihak kelurahan menunjuk RW 03 mengikuti lomba ini karena pihak kelurahan mengetahui potensi yang ada di wilayah RW 03 serta sikap dan peran serta warganya yang selalu antusias dalam mendukung setiap program yang dianggap positif bagi kemajuan RW 03.

Sebagai langkah awal dibentuklah Kader Lingkungan yang anggotanya diambil sebanyak 3 orang dari tiap RT dan beberapa warga yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan, guna mempercepat kerja-kerja yang akan dilakukan dan semakin mepetnya waktu persiapan maka Kader Lingkungan membentuk beberapa koordinator bidang yang akan bekerja secara bersama.

Penilaian pada Lomba Clean And Green City antar RW se Kota Malang tahun 2011 ini dibagi dalam tiga tahap dengan selang waktu sekitar satu bulan tiap tahapnya dengan beberapa kriteria penilaian seperti kerapatan tanaman, jumlah komposter, tanaman bergola, tanaman toga dan lainnya. Guna menghadapi penilaian tahap I, maka Kader Lingkungan bekerja sesuai program kerja yang sudah ditetapkan, kerja-kerja nyata yang telah dilakukan Kader Lingkungan antara lain :

–        Penambahan jumlah tanaman

–        Penambahan tong komposter

–        Pembuatan lubang resapan biopori

–        Sosialisasi kebersihan lingkungan

–        Penghijauan di sepanjang jalan S. Supriadi

–        Penambahan tanaman gantung

–        Mendirikan taman toga

–        Pemilahan sampah kering

PENILAIAN TAHAP I

Tepat pada tanggal 03 Nopember 2011 penilaian tahap I dimulai, persiapan sudah dilakukan seperti penyambutan tim juri yang dilakukan oleh grup reog Sardulo Joyo, hiburan tari oleh sanggar tari New Camp. Penilaian berjalan lancar, setiap sudut kampung tidak luput dari pengamatan dan penilaian tim juri yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari perwakilan Dinas Kebersihan Dan Petamanan (DKP) kota Malang, Bank Sampah Malang (BSM), Kader Lingkungan Kota/Kecamatan.

Dalam sambutannya ketua tim juri menyatakan sangat takjub dengan perubahan yang terjadi di wilayah RW 03, penghijauan dan kebersihannya sudah baik tetapi perlu ditingkatkan lagi khusunya tanaman bergola perlu ditambah lagi agar lebih hijau dan teduh.

Akhirnya kerja keras warga yang tidak kenal menyerah tersebut dan persaingan yang sangat ketat dalam lomba ini yang diikuti oleh 125 RW se kota Malang mendapat nilai yang lumayan yaitu RW 03 langsung melejit menepati peringkat 5.

Perjuangan masih panjang, menempati peringkat 5 bukan berarti kami lantas diam tidak bekerja, tetapi hal itu merupakan suatu pemicu bagi kami untuk berbuat lagi yang lebih baik sebab masih ada penilaian tahap II dan III.

Keterangan foto Penilaian Tahap I

Gambar

Grup kesenian reog Ponorogo siap menyambut tim juri

Gambar

Jathilan dimainkan oleh karang taruna

Gambar

Bujang ganong yang lincah dan atraktif

Gambar

selamat datang tim juri

Gambar

Salah satu juri melihat Komposter

Gambar

Tim juri berada di taman toga

Gambar

Semua unsur mayarakat dilibatkan

Gambar

Lincah dan gemulai

Gambar

foto bersama kader lingkungan dan tim juri

PENILAIAN TAHAP II

Menempati peringkat ke 5 pada Penilaian Tahap I membuat kami semakin tertantang untuk membuat terobosan baru yang yang belum ada di wilayah lain, seperti pembuatan rak bunga dari bahan bambu yang dicat warna warni dengan penataan yang diatur sedemikian hingga menjadi lebih rapi dan seragam. Dalam pembuatan rak bunga dengan estimasi waktu yang sangat terbatas ini, kami bekerja bersama warga hampir tidak mengenal waktu untuk melengkapi kekurangan pada penilaian tahap I sesuai dengan yang disampaikan oleh tim juri seperti penambhan tanaman bergola, membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar pot bunga dan jalan kampung, penambahan jumlah komposter dan perbaikan taman toga.

Tepat pada tanggal 20 Maret 2012 tim juri lomba Clean And Green City antra RW se kota Malang datang ke wilayah RW 03 untuk melakukan penilaian tahap II, guna menyambut moment tersebut grup kesenian Patrol beraksi menyambut para juri dengan lagu dan tarian kreasi sendiri.

Dibanding dengan penialaian tahap I, pada penilaian kali ini tim juri sering mendapat kejutan saat melakukan penilaian khususnya kemajuan dalam bidang penghijauan yang jauh lebih hijau diluar dugaan para juri, juga tanaman bergola/ merambat yang dalam waktu sesingkat itu sudah berubah jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Bukan itu saja yang menjadi kejutan bagi tim juri, saat melakukan penilaian di taman toga mereka dibuat terheran-heran dengan kerapian dan kelengkapan jumlah tanaman yang sudah diberi keterangan nama dan kegunaan tiap tanaman, bahkan bpk. Andik selaku ketua tim juri mengatakan jika saya menjadi ketua RW disini maka saya bersedia memimpin kampung ini selama sepuluh tahun.

Setelah berkeliling kampung melakukan penilaian tahap II, selanjutnya semua berkumpul di lapangan Serba Guna RW 03 untuk melakukan evaluasi dan pemaparan program-program dari RW 03 untuk menghadapi penilaian selanjutnya. Dalam kesempatan itu ketua RW 03 menyampaikan beberapa program yang akan dikerjakan seperti pembuatan water treatment sederhana, pengadaan mesin perajang sampah yang nantinya dapat berguna bagi warga. Ketua Kader Lingkungan RW 03 juga memaparkan beberapa program kedepan yang difokuskan pada penghijauan disetiap mulut gang, program pembuatan pupuk cair dari bahan buah-buahan dan penambahan jumlah komposter guna menyelaraskan dengan program pengadaan mesin perajang sampah yang nantinya sebagai alat untuk mengisi komposter dengan sampah basah.

Tiba saat pengumuman hasil penilaian tahap II dan hasilnya adalah RW 03 naik peringkatnya menduduki peringkat 2.

Keterangan foto Penilaian Tahap II

Gambar

Pak Lurah dan tim juri berfoto sebelum penjurian

Gambar

Kerajinan tangan dari sampah daur ulang

Gambar

Generasi penerus RW 03

Gambar

Grup Patrol New Camp ikut menghibur para juri

Gambar

selalu semangat

Penilaian Tahap III

Guna menghadapi penilaian tahap III ini kami mempunyai beberapa rencana program tindak lanjut dari program sebelumnya yang harus direalisasi seperti menyelesaikan pembangun instalasi water treatment sederhana, pengadaan mesin perajang sampah dan juga menambah jumlah sak sampah kering dan penyempurnaan segala sesuatunya yang menurut tim juri masih perlu diperbaiki.

Untuk pembangunan water treatment sederhana kami hanya membutuhkan pompa air, pipa paralon, bak penampungan air, kran dan lainnya yang relatif mudah didapat. Sistem kerja nya juga sangat sederhana dimana air sungai di naikkan untuk ditampungdi bak 1 yang berisi koral, bata dan ijuk selanjutnya air akan mengalir ke bak 2 yang berisi arang hingga akhirnya ke  bak 3 yang merupakan penampungan air terakhir. Dari bak 3 air dihubungkan ke kran dan siap dipakai untuk menyirami tanaman.

Untuk mesin perajang sampah kami mempunyai 2 unit berkat bantuan dari Kelurahan Sukun dan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Pada penialaian kali ini yang kami tampilkan adalah mesin perajajng sampah bantuan dari Kelurahan Sukun sebab yang dari ITN kerjanya masih belum optimal sehingga kami masih berusaha untuk memperbaikinya.

Pada saat penilaian tahap III ini, tim juri disambut oleh tarian selamat datang yang dimainkan oleh anak-anak sanggar tari New Camp pimpimnan ibu Ida, selanjutnya tim juri disambut oleh grup patrol New Camp dan grup reog Sardulo Djojo sehingga suasana sangat meriah. Selesai acara seremonial dilanjutkan dengan keliling wilayah RW 03 untuk mengamati perubahan-perubahan yang terjadi dibandingkan saat penilaian tahap 2 hingga semua juri tertuju pada satu kegiatan kader lingkungan RW 03 yang sedang merajang sampah basah untuk mengisi tong komposter di  wilayah RW 03, selain itu tim juri juga melihat perubahan pada kerapatan tanaman, kebersihan dan keindahan lingkungan. Ada satu lagi usaha yang dilakukan oleh karang taruna yang mendapat apresiasi dari tim juri yaitu usaha pembuatan tusuk sate yang dikelola oleh muda-mudi RW 03.

Setelah dianggap cukup maka tim juri menuju lapangan serbaguna RW 03 guna mendengarkan paparan dari ibu Dwi Swandayani selaku ketua kader lingkungan RW 03, selesai mendengarkan paparan dilanjutkan dengan acara ramah tamah sembari dihibur oleh grup musik accoustic New Camp.

Keterangan Foto Penilaian Tahap III

IMG_1009

Istirahat dulu selesai melakukan penilaian

IMG_0992

Mas Yan menyumbangkan suara emasnya

IMG_0985

Meninjau usaha pembuatan tikar

IMG_0978

Sam Ipul menjelaskan pada juri cara pembuatan tusuk sate

IMG_0972

Grup musik New Camp Accoustic

IMG_0966

Rapi dan sejuk berada di tmana toga

IMG_0954

Mencicipi hidangan yang disuguhkan warga RT 08

IMG_0942

Bpk Joko selaku wakil kelurahan Sukun

IMG_0939

Bertukar ide dan gagasan

IMG_0934

Mesin perajang sampah bantuan kantor Kelurahan Sukun

IMG_0931

Grup Reog Sardulo Djojo

IMG_0919

Sanggar Tari New Camp

IMG_0916Grup Patrol New Camp Siap menghibur tim juri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s