KAMPUNG TERAPI RW 03 SUKUN MALANG

Standar

PROFIL KAMPUNG TERAPI
Wilayah RW 03 Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun Kota Malang Jawa Timur adalah sebuah perkampungan yang mempunyai luas wilayah ± 1000 m² dengan jumlah penduduk ± 800 jiwa yang sebagian besar bermatapencaharian di sektor swasta. Wilayah RW 03 terdiri dari 8 RT dan setiap RT rata-rata dihuni sekitar 40 KK dan terdiri dari beberapa Dasa Wisma, Struktur organisasi di RW 03 seperti pada umumnya terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua RW, Sekretaris, Bendahara dan beberapa Seksi sebagai pendukung  kinerja Ketua RW, disamping itu juga ada beberapa tim pendukung diluar struktur organisasi RW seperti Kader PKK, Kader Lingkungan Hidup RW 03 yang anggotanya diambil dari setiap RT.
RW 03 mempunyai beberapa sebutan seperti Kampung Baru, New Camp, Kampung Contong atau Segitiga Emas adalah salah satu kampung di kota Malang yang mempunyai lubang biopori paling banyak yaitu 100 lubang biopori
Ada satu lagi sebutan baru untuk RW 03 yaitu Kampung Terapi, disebut Kampung Terapi karena batuan ditengah jalan yang dulunya memakai batu kali sekarang diganti dengan batu putih atau batu terapi sehingga warga setiap hari melakukan terapi dengan cara berjalan di atas tatanan batu terapi yang ditata sedemikian hingga dapat mengurai simpul-simpul saraf di kaki.
BERBAGAI KEGIATAN WARGA
Dengan beragam latar belakang pendidikan, ekonomi dan status sosial, sehari-harinya warga RW 03 senantiasa hidup rukun dan saling menghormati segala perbedaan yang ada sehingga konflik horizontal sangat minim terjadi, sifat warga yang sangat menonjol adalah sifat gotong royongnya sangat tinggi, hal tesebut dapat dibuktikan ketika ada suatu kegiatan seperti kerja bakti maka warga secara serentak akan berpartisipasi. Berbagai kegiatan warga senantiasa dilakukan secara mandiri dan wadaya seperti Senam Lansia, Posyandu, dibidang kesenian ada grup Patrol, Reog Ponorogo, Bantengan dan grup musik Bongo Karang Taruna, di bidang usaha ada beberapa kelompok pengrajin tas, dompet, dll. dari bahan sampah daur ulang.
PEMILAHAN SAMPAH
Warga RW 03 senantiasa diajarkan untuk selalu menjaga lingkungan di sekitarnya agar bersih, indah dan sehat, seperti menanam bunga di setiap jengkal tanah di sekitar rumah, membersihkan selokan dan memilah sampah kering dan sampah basah. Pemilahan sampah dilakukan oleh warga setiap hari yaitu sampah kering dikumpulkan tersendiri dan sampah basah dimasukkan ke dalam komposter. Setiap bulan sampah kering warga akan diambil oleh kader lingkungan hidup RW 03 untuk dipilah lagi menjadi sampah daur ulang sebagai bahan kerajinan dan sisanya akan dijual (rombeng/mayeng) dan uang hasil penjualan sampah dikelolah oleh kader lingkungan hidup untuk pembelian bunga, pupuk, pot dll., yang nantinya akan diberikan kembali kepada warga.
Sekarang di RW 03 sering ada kunjungan dari berbagai instansi pemerintahan baik dari dalam kota maupun luar kota, hampir seminggu sekali ada tamu yang berkunjung ke kampung kami baik secara perorangan maupun secara kelompok, rata-rata mereka merasa puas setelah melihat dan membuktikan secara langsung dan berharap kampungnya seperti RW 03. Anda ingin berkunjung ????.
Jika anda ingin berkunjung ke kampung kami, anda dapat menghubungi kami di :
•    085791062109     M Djainul Arifin
•    081233221063    Dwi Swandayani
•    03419090296    Gatot AB
ImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImage

Keterangan foto :

  • Grup Reog Ponorogo Sardulo Jaya
  • Tim juri Clean And Green City tahap 1
  • Kader Lingkungan RW 03
  • Memilah sampah kering
  • Menanam pohon pakis
  • Tong komposter
  • Warga membuat rak bunga secara swadaya
  • Memasang batu putih/ batu terapi
  • Grup musik Bongo by Karang Taruna RW 03
  • Syukuran Kampung
  • Ketua RW 03 turun langsung memasang batu terapi
  • Tim juri PHBS Nasional mmencoba batu terapi
  • Tim juri PHBS Jatim disambut murid TK Marga Bhakti
  • Tim Juri Clean And Green bersama Lurah Sukun di taman toga RW 03
  • Grup Patrol, ibu-ibu PKK RW 03 berpartisipasi
  • Membuat lubang biopori
  • Tua, muda saling bahu membahu
  • Tim Juri PHBS mengagumi kerajinan tas dari bahan sampah daur ulang
  • Photo bareng Kader Lingkungan dengan tim juri PHBS

23 responses »

  1. sangat indah di pandang..tetap di pertahankan kalau bisa lebih di percantik lagi kampungnya,biar jadi ikon kota malang,sukses buat RW 03,salut buat seluruh wargaRW 03,buat pak jainul SEMANGAT…semoga sukses……..

  2. fotonya tlng di tambah pak,kalau bisa tiap gang,masuk RW 03 badan sakit, pulang sembuh.ndak pakai obat,cukup jalan dari RT 08 sampai ujung RT 06,sambil liat penghijauan di tiap rumah,sambil belanja juga bisa,ada bubur jawa,ada jual sayur organik,jual sandal juga ada….belum lagi kicau suara burungnya……..pokok’e..RW 03 TOP..MARKOTOP………

    • Ada beberapa ide cemerlang yang akan kami lakukan seperti membuat instalasi pengolahan air sungai menjadi air layak pakai yang nantinya disalurkan ke warga agar warga tidak terbebani dalam hal menyiram tanaman, sayangnya dananya masih kurang sehingga pembangunannya tersendat. mungkin ada ide lain bos ??

  3. SALUUUT….kepada segenap warga & pengurus RW dg swadaya sendiri yg tlh bs membangun kampungnya walau nggak mewah tapi UUUEENAAAK dipandang & sangat original…sekali lg saluut!! pertahankan

  4. klu membaca artikel diatas, bahwa banyak yg berkunjung ke RW 3 Sukun karena ketertarikan & stlh kesana merasa puas….sbg saran klu bs dijadikan wisata kampung yg berbasis pembelajaran utk daerah lainnya & kader2 lingkungan di sktr RW lebih ditingkatkan lg pengetahuannya harapan akhirnya kader2 lingkungan tsb akan menjadi trainer untuk daerah lain. Saran satu lg bos (maaf yaa klu kurang sopan) klu mmg RW 3 kurang dana utk lbh memajukan kampung bs mengajukan grant/hibah dari lembaga donor bidang lingkungan internasional.

  5. nee camp memang hebat,warganya kompak,lingugan bersih berbasis kesehatan.saya pernah 3 th tinggal di sana dan berguyub sama warga rt o3,keramahan wargax dan rasa kessadaran dan kepedulian antar warga sangat di junjung tinggi.semua itu tak lepas dari kerja keras kader kaderx dan warga yg kompak.maju terus dan salam hijau.ridwan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s