TIPS & TRIK MEMILIH TEMAN DI JEJARING SOSIAL DENGAN MARAKNYA AKUN PALSU (NGGAK USAH PAKAI ALAT ATAU PROGRAM KHUSUS)

Standar

Dunia maya atau internet sekarang telah berkembang pesat dengan hadirnya layanan penunjang seperti game on line dan berbagai pilihan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lainnya yang menjadikan berselancar didunia maya semakin mengasyikkan khususnya bagi para ABG, berkomunikasi dan bermain game on line bersama teman semakin lebih mudah tidak terhalang dengan jarak maupun waktu, dan dari survey yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sekitar 80% pengguna internet adalah kalangan ABG. Fantastis…… mas bro .. mbak sist … !!!
Tapi perlu disadari oleh para pengguna internet khususnya para ABG bahwa dampak dari maraknya pemakaian internet adalah munculnya berbagai tindak pidana yang berupa penipuan, pembobolan dan pencurian data yang dilakukan oleh beberapa oknum dengan berbagai motivasi, mulai dari tingkat kesulitan dengan level tinggi (butuh kemahiran yang handal) sampai dengan tingkat kesulitan yang biasa atau tidak perlu kemahiran yang mumpuni, salah satu contoh adalah membuat akun palsu di jejaring social dengan bebagai tujuannya.

BEBERAPA TUJUAN MEMBUAT AKUN PALSU:
Akun palsu dibuat dengan berbagai tujuan yang pada intinya agar si pembuat akun tidak dikenali di jejaring social tersebut, adapun kebanyakan pembuatan akun palsu didasari dengan tujuan lain seperti :
Intelijen, artinya akun diciptakan dengan maksud memata-matai seseorang seperti cowok terhadap ceweknya, guru terhadap muridnya, orang tua terhadap anaknya dll.
Persaingan bisnis, dengan maksud mengetahui setiap gerak langkah rivalnya dalam mengembangkan bisnisnya,
Penyamaran, dengan maksud agar akun tersebut dapat diterima sebagai bagian dari suatu grup/ pertemanan,
Games, dengan maksud agar seseorang tersebut mempunyai beberapa akun yang dapat memainkan game sehingga bisa saling tukar point/nilai, sendcips/uang seperti di game poker dll.
Iseng, dengan maksud hanya menggoda atau mengerjai teman.

BEBERAPA TIPS UNTUK MENGETAHUI AKUN PALSU:
Secara kasat mata sebenarnya dengan mudah kita dapat membedakan mana akun asli dan mana akun palsu, nggak perlu alat atau program khusus, yang kita butuhkan untuk hal itu adalah kita harus jeli dan teliti melihat akun tersebut khususnya dari profil, photo profil dan data-data penunjang lainnya. Mari kita telanjangi satu persatu tips-tips berikut ini agar para pengguna jejaring social tidak kecolongan dengan meng-add teman yang akunnya palsu.
Profil : Setiap pemakai jejaring social diwajibkan mengisi profil pengguna pada saat pertama kali membuat akun walaupun tidak semuanya harus terisi, akun palsu kebanyakan memalsukan data lokasi dimana si pemilik tinggal, seperti memakai alamat kota diluar negeri atau memakai kota yang tidak sesuai dengan nama negara contoh : Surabaya – Amerika, atau memakai kota dan propinsi yang tidak sesuai seperti Surabaya – Jawa Tengah.
Photo profil : agar dapat menunjang penampilan suatu akun biasanya akun palsu memakai photo profil dengan cara copy paste photo orang lain seperti public figure (biasanya photo artis) padahal tanpa disadari oleh sipemilik akun bahwa beberapa photo tersebut dilindungi oleh undang-undang sehingga dapat terjerat hukum. Untuk mengetahui photo tersebut adalah asli photo pemilik akun dapat dilakukan dengan cara melihat album photo si pemilik akun, apabila dalam akun tersebut terdapat hanya 1 buah photo atau terdapat banyak photo tetapi tidak ada kesamaan wajah diantaranya maka kita harus waspada dengan akun tersebut, atau bisa juga akun tersebut memakai photo asli si pemilik tetapi sudah melalui tahap editing menggunakan photoshop sehingga sulit dikenali.

Dua tips tersebut sebenarnya sudah cukup untuk mengetahui keaslian suatu akun tetapi apabila kita masih ragu mungkin kita juga bisa memakai cara lain seperti kalau di jejaring social facebook kita amati dengan jeli dinding pengguna yang memuat status pengguna, jam berapakah biasanya sipemilik akun update status ? Apakah iya misalkan seorang cewek on linenya malam-malam bahkan sampai dinihari atau apakah iya seorang cewek sukanya main game poker atau hal-hal mencurigakan lainnya.
Terus bagaimana kalau kita sudah terlanjur berteman dengan beberapa orang yang sebelumnya tidak kita kenal dan kita curigai akunnya adalah palsu …………… ??.

BEBERAPA TRIK UNTUK MENGETAHUI AKUN PALSU.
Nggak usah kuatir mas bro n mbak sist jika kita sudah terlanjur add banyak teman tanpa kita mengetahui keaslian akunnya, maklum mungkin saat itu kita lagi demam facebook atau twitter sehingga yang kita pikirkan saat itu adalah bagaimana caranya kita mempunyai banyak teman.
Nasi sudah menjadi bubur ………………. Lho kok……………… !!!!
Eeeiiitt …. Nggak usah sewot walaupun nasi sudah menjadi bubur tinggal bagaimana kita menikmati bubur tersebut apakah kita tambah lauk ayam, telur atau lainnya agar lebih nikmat saat kita makan.
Nah .. kalau kita curiga terhadap akun teman kita maka ada beberapa trik untuk menguji keaslian akun tersebut seperti (Misalkan akun yang kita curigai adalah akun seorang cewek) :
ajaklah chating si cewek tersebut yang diteruskan dengan chating via webcam, apabila si cewek tersebut menolak dengan berbagai alasan nah kita patut untuk curiga dengan keaslian akunnya.
Mintalah nomor telpon/handphone, apabila si cewek juga menolak memberikannya dengan berbagai alasan, lagi-lagi kita patut curiga dengan akun tersebut.

Selanjutnya apabila kita sudah bisa mendeteksi keaslian akun teman kita dan ternyata ada beberapa akun yang patut kita curigai maka tindakan apa yang harus kita lakukan ???? ……………..
Untuk masalah ini penulis serahkan sepenuhnya kepada mas bro n mbak sist apakah mau diremove, atau diteruskan berteman, ….. terserah, yang pasti penulis ingatkan bahwa kita harus berhati-hati dalam berteman dijejaring social agar kita tidak dirugikan oleh tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, karena sudah banyak kasus penipuan yang berkedok pertemanan, bisnis dan lainnya yang berakhir dipengadilan, dengan kata lain kita hatus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa yang telah kita lakukan.
Akhir kata penulis ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog ini dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Setelah membaca tulisan ini jangan lupa memberi komentar, saran atau usulan yang berguna untuk penulis.

6 responses »

  1. Ciri akun palsu diatas bisa merugikan orang sangat pemalu seperti saya. Diminta photo tidak mau padahal malu, disangkanya alasa doang. Diminta nomor Handphone tidak mau soalnya malu, disangkanya alasan juga. CIRI-CIRI DI ATAS HANYA MENEKAN SAYA SELAKU ORANG CANGGUNG DAN PEMALU, APALAGI BERCENGKRAMA DENGAN ORANG BELUM DIKENAL. Jadi saya yang pemalu disebut akun palsu karena tidak pasang foto plus tertutup. Jadi kasian sekali jika ada yang nasibnya seperti saya, tujuannya tidak pasang foto karena pemalu kronis eh malah disebut akun palsu.

    • sebelumnya saya mohon maaf apabila tulisan saya menyinggung atau membuat anda merasa tertekan, akan tetapi saya sama sekali tidak bermaksud menyinggung siapapun. tulisan itu saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi yang pada dasarnya hanya ingin mengingatkan kepada pengguna jejaring sosial untuk selalu berhati-hati akan banyaknya akun palsu yang dengan begitu mudahnya orang bisa membuat suatu akun yang hanya membutuhkan beberapa menit saja, sudah banyak pengguna jejaring sosial yang menjadi korban akun palsu. Sekali lagi saya mohon maaf dan terimakasih telah berkunjung ke blog saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s